Ketika Seorang Blogger Menanggapi Konservasi Sumber Daya Air




Air memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup. Manusia, hewan, dan tumbuhan membutuhkan air untuk melangsungkan hidup mereka, sekecil apapun kebutuhan tubuh mereka terhadap air.


Tanpa air, rantai makanan jadi tidak seimbang. Tanpa air, tidak ada tumbuhan yang bisa berfotosintesis, mengakitkan tumbuhan itu akan mati. Karena banyak tumbuhan mati kekurangan air, tak ada lagi sumber utama makanan manusia dan hewan. Kehidupan menjadi tak teratur, bahkan bisa memusnahkan kehidupan di bumi.


Ketika dunia mulai dihebohkan dengan kelangkaan air, mulailah terjadi konservasi sumber daya air di berbagai negara. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, konservasi adalah pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan, pengawetan dan pelestarian. Kesimpulannya, melakukan konservasi terhadap sumber daya air bukanlah hal buruk, malah suatu tindakan yang pantas diacungi jempol.


Dalam hal ini, tindakan konservasi sumber daya air adalah tindakan yang benar, mengingat langkanya air akhir-akhir ini. Kalaupun ada, kebersihannya kadang tidak terjamin atau harganya sulit dijangkau masyarakat kelas rendah, apalagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan.


Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi kelangkaan air, termasuk tindakan konservasi terhadap sumber daya air. Tetapi, kerja maksimal pemerintah dalam konservasi sumber daya air akan sia-sia jika tidak didukung kesadaran masyarakat terhadap air. Cukuplah melakukan sebuah hal kecil semampunya, namun berdampak besar terhadap keadaan air ke depannya. Menghentikan kebiasaan memakai air secara berlebihan misalnya. Selain menghemat pasokan air bersih,  juga bisa untuk menghemat uang yang kadang terbuang dengan gaya hidup kita yang boros air.  
  

Tidak mungkin pula seseorang yang hanya masyarakat biasa bisa menghentikan penebangan liar yang banyak terjadi, tapi setidaknya mereka bisa menanam tanaman di depan rumah untuk mempermudah air hujan meresap ke tanah. Dengan begitu, akan membantu memberi sedikit pasokan air dan membantu menghijaukan bumi.


Kalau anda berpikir demikian, “ah, percuma kalau hanya aku yang melakukan ini padahal orang lain bersenang-senang memboroskan air.” Mulai sekarang, stop pemikiran semacam itu. Bayangkan saja, kalau semua penduduk di Indonesia berpikiran seperti anda, tidak ada lagi air yang tersisa untuk bumi nusantara ini. 

Daripada memikirkan hal itu, lebih baik kita berusaha untuk menularkan kebiasaan baik itu pada orang lain. Dan kalau anda merasa anda bukan orang semacam itu, mulailah berbenah dari sekarang karena air tidak bisa menunggu anda.     


Komentar